Mamalehe kitchen ~ My inspiring world

Selamat datang di dapur miniku, Mamalehe Kitchen. Nama "mamalehe" ada diciptakan oleh belahan jiwa kami, My Alyssa. Panggilan sayang untuk aku, ibunya. Disini tempatku menuangkan segala inspirasi dan cinta. Sebesar cinta & sayangku untuk dua cintaku : Suamiku dan Anakku. Enjoy your stay ! Feel free utk mencoba semua resep yg ada disini.

Monday, December 12, 2005

Sop Seafood ala Luluk

Siapa yg tahan godaannya ?!

Resep ini judulnya resep asal2an.
Awal mulanya seminggu lalu kan bolak balik ke client.
Pas jam makan siang diajak ama temen makan di satu warung yg jual sup seafood.
Tapi tanya punya tanya sama si empunya warung ttg bumbu nya , sang ibu hanya mesem2 aja hehehehehe.
Walhasil penasaran dan pengen banget buatin ini buat org2 tercinta dirumah (krn aku tau persis misua doyan bgt ama seafood), akhirnya berpikir keras asal makan.
Berusaha nebak bumbu2nya. Ya sud.
Akhirnya resep ini resep cemplang cemplung. Hasilnya ?! hmmmmm bikin suami & anak ketagihan berats. Dan dijamin gak amis (krn misua jg paling ati2 ama seafood krn doi antiamis).

OK silahkan dicoba. Yg jelas bikinnya guampang dan praktis.
----------------------------------------------

Sop Seafood ala Luluk

Bahan :
3 fillet Ikan tuna/kakap/ikan apa aja, iris2 kecil atau sesuka hati
7 ekor cumi, bersihkan dari tinta, iris2 sesuka hati
10 ekor udang ukuran sedang, bersihkan semua, sisakan ekor
2-3 bh wortel, bersihkan iris sesuka hati
Jamur merang sesuka hati juga
Daun bawang sesukanya, iris halus
Tomat sesukanya juga lah yaw


Bumbu :
4 siung Bawang putih, giling halus
1 sdt lada
4-5 btg serai (iya ! buanyak)
1-2 ruas jahe diiris tipis
1 ruas lengkuas, digeprekLengkuas, digeprek
2 lbr daun salam
Biji pala dikiiiiiiiitttttt aja (kalo gak ada juga gak masyalah)
Gula
Garam

Cara memasak :

  • Buat kaldu udang : sisa2 dari kepala udang & kulitnya direbus hinggamatang. Sisihkan. Buang si kulit & kepala udangnya.
  • Tumis bawang putih giling hingga harum, masukkan sisa bumbu. Tuang dalamkaldu udang.
  • Masukkan worte & ikan biarkan hingga matang.- Masukkan udang , jamur & cumi hingga matang.
  • Masukkan daun bawang & tomat.
  • Aduk siap dihidangkan panas-panas....hmmm nyam nyam...

Mamalehe Homemade Cake
by Luluk

1 Comments:

  • At 10:24 PM, Anonymous mtaufik@unissula.ac.id said…

    seafood ini...
    juast one comment, gw bikin dibantuin bini, enak buat rame rame, n nggak amis.
    thanks banget deh

     

Post a Comment

<< Home