Mamalehe kitchen ~ My inspiring world

Selamat datang di dapur miniku, Mamalehe Kitchen. Nama "mamalehe" ada diciptakan oleh belahan jiwa kami, My Alyssa. Panggilan sayang untuk aku, ibunya. Disini tempatku menuangkan segala inspirasi dan cinta. Sebesar cinta & sayangku untuk dua cintaku : Suamiku dan Anakku. Enjoy your stay ! Feel free utk mencoba semua resep yg ada disini.

Tuesday, December 20, 2005

Kue Mangkok


[Recipe Review] Kue Mangkok-nya Riva Rayani

Kemaren tanpa sengaja sambil jalan menuju kantor, nemu abang2 jualan tape singkong.
Dan keliatannya bagus2 tapenya. Yo wis aku beli deh.
Dah lama banget pengen nyobain resep kue mangkoknya Riva.
Apalagi karena nona mungil di rumah, alyssa, doyan abis ama kue mangkok.
Ya sudah. Pagi ini nyambi masak, mandiin alyssa, nyiapin sarapan suami, aku coba 1/2 resep kue mangkoknya riva.
Dan hasilnya....mmmm.....riva kamu patut dihujani ciuman !!!
Soale kue mangkoknya lebih enak dari kue mangkok yg biasa dibeli di pasar (pastinya jelas lebih sehat !). Ditambah lagi itu kue mangkok ketawa terbahak2 semua...cihuyyyy....untung gak kejadian kayak kutukan bolkus hehehe (aku dah menaklukan loh! *with proud, meski dah sempat patah arang*).

OK friends .....let's bake !

Resep kue mangkok ini begitu simple (gak pake telur dan gak pake acara mixer !) dan mudah buanget. Resep ini original resepnya Riva (plok plok...bravvoooo !!)
Eh riva, aku sempet pake ilmu setan juga ehhhh sesat *sigh..tipis banget antara setan dan sesat hehehe*. Krn pas ngukus pertama sempet ada satu yg manyun.
Ya akhirnya pas berikutnya aku kasih air panas as you said.
Dan kali ini aku bautnya persis spt resep yg dirimu tulis. Tapi next time mo coba kalo si air hangat itu diganti ama santen atau susu gimana hasilnya ya ?!
pasti enak harusnay ......mmmmm....
Jadi summary dari recipe review ku adalah kue ini asikkkkkk buanget buatnya dan uuuuuueeeeeeeeennnnnnnnaaaaakkk !
Aku ponten 10 ! hehehehe

Kue Mangkok
Recipe by Riva Rayani <riva@eac.co.id>


Bahan :

350 gr tepung beras
250 gr tape (yg bagussss n jgn masukkin kulkas)
600 ml air hangat
75 gr gula pasir
400 gr gula merah ( dicampur diair hangat ) saring
60 gr terigu
2sdt baking powder

Cara Membuat :

  • Campurkan tape singkong dan tepung beras sambil ditungi air hangat sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga adonan licin
  • Masukan tepung terigu yangsudah dicampur dengan BP
  • Masukan gula pasir.
  • Setelah adonan tercampur rata istirahatkan selama 1-2 jam
  • Olesi cetakan kue mangkok dengan minyak
  • Letakan di kukusan, kemudian panaskan cetakan tersebut, setelah cetakan panas masukan adonan kedalamcetakan. Tutup kukusan dengan serbet agar air tidak masuk ke adonan.
  • Kukus selama kurang lebih 10 menit hingga kue mekar. Setelah matang keluarkan kuemangkok dari cetakan dan siap untuk dihidangkan.

    Tips by Riva :

    Masukkan se-dikit2 adonan tepungnya ditambah dg airgula (hangat ya).gula pasir juga sama, tepung terigu juga, gula pasir terakhir.ohya.. pas nyoba kukus, cobain 2 or 3 cetakan dulu.. kalo kira2 gakmekar..(pk ilmu sesat juga),adonannya tambahin air hangat 1/2 - 1 gelas. ok gutlak..ntar ceritain yakalo dah coba..ini kue sebenernya guampanggg banget tp suka belagu..heheh

    (Riva)

Mamalehe Homemade Cake
by Luluk

8 Comments:

  • At 11:33 AM, Blogger kiki said…

    halo mbak lam kenal, aku dah nyobain resep kue mangkoknya, emang enak n gampang buatnya (gppkan aku nyobain bikin?) tp kok ada sebagian yg gak mekar padahal adonannya sama? kenapa ya mbak? maap nih gak ijin dl dah nyobain bikin resepnya

     
  • At 1:56 PM, Blogger Luluk said…

    Dear Mbak Kiki,

    Ya boleh banget dong.
    Nah pertanyaanku : si tape itu sempet nginep di kulkas gak ?!
    Kalo ya mah, wajar aja kalo ada yg ngambek hehehe.
    Kalo kejadian gitu lagi, non, saranku coba tambahin air panas dikit deh. Aduk2 trus kukus lagi.
    Biasanya sih mayan tokcer.

    Jadih ayuk buruan beli tape singkong lagi trus jangan diinepin di kulkas yaw.

    Love,
    Luluk

     
  • At 4:17 PM, Anonymous Anonymous said…

    Dear Mbak Luluk,

    Aku tertarik banget untuk buat nih...tp apa boleh untuk anak umur 1th?

    Tks,
    Eva

     
  • At 10:44 AM, Blogger avila said…

    mbak, ini bebas telur, mentega, susu kan ya...
    Parno niy soale anakku masih ASI dan alergian...

     
  • At 5:41 AM, Anonymous Anonymous said…

    krn di tempatku gak ada singkong, terpaksa di delete bagian singkongnya dgn mengurangkan cairannya. Aku gak pakai water tapi pakai air kelapa...enak manis, pingin nyoba juga sih kalo pake santen gmana ya, trus denger2 pake fanta merah juga enak...hmm, pingin nyoba tapi takut gagal...

     
  • At 10:14 AM, Blogger anizaverdy said…

    kalo tapenya kurang tua as msh keras bisa di tambahin sedikit ferifan tdk yaa?

     
  • At 10:14 AM, Blogger anizaverdy said…

    kalo tapenya kurang tua as msh keras bisa di tambahin sedikit ferifan tdk yaa?

     
  • At 4:42 PM, Anonymous Kreasi Marie said…

    Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..

     

Post a Comment

<< Home