Mamalehe kitchen ~ My inspiring world

Selamat datang di dapur miniku, Mamalehe Kitchen. Nama "mamalehe" ada diciptakan oleh belahan jiwa kami, My Alyssa. Panggilan sayang untuk aku, ibunya. Disini tempatku menuangkan segala inspirasi dan cinta. Sebesar cinta & sayangku untuk dua cintaku : Suamiku dan Anakku. Enjoy your stay ! Feel free utk mencoba semua resep yg ada disini.

Friday, June 30, 2006

Best-ever Waffle

Buat penggila waffle yg garing bin lembut

Udah lama aku tergila2 dg waffle. Dah lama juga pengen beli waffle maker, tapi gak kesampaian.
Sampe kemarin pas jalan ke Ambas, nemu waffle maker yg interchangeable berfungsi jadi sandwich maker.
Jadi ada cetakan getu loh. Dibeli deh tuh waffle maker. Harganya juga mayan murah.
Nahh pagi ini jadilah merawanin waffle maker.

Tiga hr ini juga hunting resep waffle yg crispy tapi lembut digigit.
Pas browsing nemu resep waffle yg pas diliat kayaknya yummy.
Apalagi pas liat sejarah pembuatan resep itu oleh si empunya, Pam Anderson.
(Ini bukan Pamela Anderson Baywatch yg bohay itu loh ya).
Pas coba buat waffle pagi ini dan coba gigit...mmmmm.....it's damn so good !
Kayaknya best ever waffle yg pernah aku rasain.
OK ini resepnya yg aku translate asli dari sumbernya.

LIGHT CRISPY WAFFLES
Source : Pam Anderson


Bahan :

3/4 cup Tepung terigu serbaguna
1/4 cup Tepung maizena
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda
3/4 cup buttermilk
1/4 cup susu cair
6 sdm vegetable oil (minyak goreng ato pake margarin leleh juga asoy)
1 butir telur ukuran besar, pisahkan kuning & putihnya
1 sdm gula kasotr
1/2 sdm vanilli

Cara membuat :

  • Di wadah terpisah, campurkan tepung terigu + maizena + garam+ baking powder + baking soda. Aduk rata.
  • Siapkan baskom. Masukkan buttermilk, susu cair, vegetable oil, kuning telur (yg telah dikocok lepas). Aduk rata dg whisk, sisihkan.
  • Di baskom lainnya, kocok putih telur dengan mixer hingga soft peak. Masukkan gula & vanilli. Kocok lagi hingga kaku & mengkilat. Sisihkan.
  • Tuang campuran buttermilk ke dalam campuran tepung. Aduk rata.
  • Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan. Aduk rata.
  • Panaskan waffle maker. Tuang adonan dan panggang hingga matang.

    (Translated by Luluk)

Aku rasa yg bener2 bikin waffle ini super duper yummy adalah si buttermilk ama tekniknya
(yg misahin putih telur + kuning telur) plus pake maizena yg bikin garing.
Jangan ditanya reaksi orang rumah.
Rasanay aku sengaja bikin 2 resep supaya bisa dibawa ke ktr buat orang2 kantor.
Tapi yg ada begitu mateng-ilang, mateng lg ilang lagi.
Topping atau cara menyajikan waffle ini bias beragam.
Alyssa, nona mungilku, sukanya dg es krim ditaburi kismis, trus disiram sedikit dg simple syrup.
Seperti ini :


Bapaknya suka waffle dg mentega aja kayaknya. Tapi aku liat pas waffle ke 4 sama ke-5 dia kasih
butter taburin coklat meises + keju. Tapi gak sempet difoto, karena keburu ditelen semua.
Kalo aku maunya & doyannya waffle dikasih yoghurt + ditaburin potongan strawberry + kiwi.
Tapi sayangnya di rumah gak punya stok apa2.
Jadi ya dimakan plain gitu aja yummy juga.

Waffle jenis ini harusnya sajikan segera. Krn kalo crispy bener2 nendang banget.
Tapi kalo mau disimpen buat nanti juga boleh.
Pas mau dimakan, coba panggang bentar di oven toaster. Dijamin garing lagi.

Eh bisa juga loh kalo mau bikin variasinya.
Spt mau bikin Chocolate chips waffle : campurkan 1/2 cup chocolate chips ke dalam adonan. Aduk rata.
Atau Blueberry orange waffle : Campurkan 2 sdm konsentrat orange + 1/2 cup blueberry cincang kasar (paletta juga ok) ke dalam adonan.

Jadi hayooo bikin waffle yok *menebar virus waffle*.
Terutama buat yg doyan ama waffle ice creamnya AW....mending bikin ndiri dah.

OK abis ini aku mo bikin Classic Belgian Waffle yg tersohor sbg Raja-nya Waffle.

Mamalehe Homemade Cake
by Luluk

5 Comments:

  • At 10:26 AM, Anonymous Anonymous said…

    mba' luluk...
    buttermilk itu apa bedanya dgn susu ato mentega biasa? bisa dapet dimana ya? (he3x, beginilah kalo gak pernah masak, tapi pengen masak...). aku duoyannn bgt sm waffle, aila apalagi... :D
    btw, resep belgian waffle-nya dishare dong...udah sukses kah bikinnya???

     
  • At 12:56 AM, Anonymous Anonymous said…

    aku mau nanya donk..
    sama nih kaya bundanya aila..,buttermilk apa sih?
    trus satu cup itu segimana yaa?
    thanks yaa..

     
  • At 1:27 PM, Anonymous Anonymous said…

    Mba luluk,

    mau tanya donk sama pertanyaannya dengan yang lain. saya uda coba tapi rasanya asin banget jadinya.
    butter milk itu yang saya beli seperti mentega kan bentuknya, saya coba 3/4 cup jadinya asin baget. trus saya coba juga di cairkan tuh buttermilknya tapi pas dibuat malah mendidih dan bukan mengembang.....
    satu lagi cup itu takarannya gimana ya? saya 1 gelas yang ukuran biasa.
    maklum baru coba2

     
  • At 9:24 AM, Blogger Unknown said…

    lam kenal..
    mo nerusin pertanyaan comment sebelumnya.hehe..
    1 cup = brp gram ya? ato brp ml?
    trus buttermilk yg mbak luluk pake merk apa?
    sy udah siapin bhn2 laen, tinggal buttermilk & takaran cupnya.
    trims

     
  • At 5:38 PM, Blogger inTAN said…

    mama..mama..(hew kok jd ikut2an panggil mama?! :p )makasih resepnya ya maaaa,udah adek cobain,emg crispy bgt...
    Oya aku pake konversi cup ke gram (dari majalah sedap)sbb :
    untk tepung 1cup =140 gram
    untk butter 1cup =225gram
    untk susu 1cup=250 ml, tp waktu buat aku cuma pake 60ml

     

Post a Comment

<< Home